Wednesday 31 October 2012

Sungai Musi

Sumatera Selatan sering disebut sebagai Daerah Batang Hari Sembilan, karena dikawasan ini terdapat 9 sungai besar yang dapat dilayari sampai jauh ke hulu, yaitu Sungai Musi, Sungai Ogan, Sungai Komering, Sungai Lematang, Sungai Kelingi, Sungai Rawas, Sungai Batanghari Leko dan Sungai Lalan serta puluhan lagi cabang-cabangnya. Sungai Musi dengan panjang 460 kilometer dan lebar rata-rata 300 meter merupakan sungai yang berada di tengah Kota Palembang yang membelah Kota yang berhawa panas ini menjadi dua bagian, yaitu Seberang Ilir yang berada di bagian Utara Sungai Musi dan Seberang Ulu yang berada di Selatan Sungai Musi.

Dalam catatan sejarah yang dikumpulkan, sungai ini telah menjadikan Kerajaan Sriwijaya pada abad VII hingga XII masehi sebagai kerajaan maritim dengan kekuatan armadanya yang tangguh. Mereka menguasai jalur pelayaran dan perdagangan antara Laut Cina Selatan dan Samudra Hindia, menebarkan pengaruhnya sampai ke Formosa dan China, hingga Madagaskar di Afrika. Pengaruh ini telah menjadikan Sriwijaya sebagai sentra pertemuan antar bangsa.
Sungai Musi juga sering dijadikan arena festival air, seperti perlombaan perahu (bidar), kontes menghias perahu, perlombaan berenang menyebrangi sungai dan lain – lain.

No comments:

Post a Comment

Diharapkan komentar berupa kritik dan saran yang membangun, agar menjadi perbaikan. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...