Wednesday 5 September 2012

Teknologi Sarana Penunjang Prestasi

Teknologi merupakan hasil ciptaan manusia, sejak 2 juta tahun silam teknologi dilahirkan. Di dalam sejarah, manusia mengetahui bahwa memotong lebih mudah dilakukan dengan alat dari pada dengan tangan kosong. Melalui teknologi, manusia menerapkan ide-ide ilmiah untuk menciptakan mesin yang memudahkan pekerjaannya. Meski berawal dari zaman prasejarah, barulah setelah revolusi industri pada abad ke-18 teknologi berkembang pesat dan mengubah dunia secara drastis. Perkembangan teknologi memberikan pengaruh positif di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan.
Perkembangan teknologi di bidang pendidikan, mempermudah hubungan pemerintah untuk memperlancar kegiatan kependidikan. Sudah banyak kegiatan yang dilakukan secara online. Demikian pula pada pendidik dan peserta didik, dapat memperlancar proses belajar dan mengajar dengan mencari dan membagi informasi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua pendidik dan peserta didik dapat mengoperasikan komputer, tapi di masa kini secara tidak langsung mereka akan tersingkiran dengan sendirinya kalau tidak ikut dalam penyesuaian zaman.
Pemanfaatan teknologi tidak mengenal ruang dan waktu, dengan kata lain kapan dan di mana pun kita membutuhkan informasi, kita dapat mengaksesnya melaui internet. Dewasa ini, komputer dan internet sudah menjadi keseharian masyarakat pada umumnya. Khusus pada bidang pendidikan, sangat memberikan kemudahan dalam penyelesaian suatu persoalan. Banyak kesulitan yang dihadapi oleh pendidik, terselesaikan dengan teknologi ini, begitu juga kesulitan yang dihadapi peserta didik.

No comments:

Post a Comment

Diharapkan komentar berupa kritik dan saran yang membangun, agar menjadi perbaikan. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...